Personal Blog Raka Kori

Selasa, 29 Agustus 2017

Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mengecat


Salah satu cara untuk membuat tampilan rumah lebih indah dan menawan adalah dengan melakukan pengecatan pada bagian dinding. Untuk saat ini, sudah jarang sekali ditemukan rumah yang tidak dicat pada bagian temboknya. Selain dari segi penampilan, dengan melakukan pengecatan pada dinding juga dapat menghambat pertumbuhan lumut dan jamur karena ada beberapa cat tembok yang sudah memiliki teknologi anti jamur dan anti lumut. Beberapa cat rumah minimalis biasanya menggunakan warna-warna yang cerah untuk mengatasi keterbatasan lahan di rumah minimalis. Cat tembok dengan warna yang cerah dapat membuat tampilan rumah jadi lebih luas dan lapang. Namun, terkadang dalam hal mengecat rumah, sering terjadi beberapa kesalahan. Salah satunya adalah karena memilih peralatan yang tepat. Tidak hanya memikirkan perkara jenis cat dan warna cat saja, peralatan yang digunakan juga harus dipilih dengan baik. Simak beberapa tips yang perlu Anda ketahui sebelum melakukan pengecatan di tembok rumah.

Jangan Salah Pilih
Salah satu kunci agar tembok rumah Anda memiliki tampilan yang indah adalah dengan memilih peralatan yang tepat. Anda bisa menggunakan roller atau kuas biasa sebagai alat bantu dalam pengecatan. Bahkan, Anda juga bisa menggunakan keduanya sekaligus karena fungsinya yang berbeda-beda. Untuk roller, biasanya digunakan pada bagian yang lebar dan luas. Jika Anda ingin menggunakan kuas untuk mengecat di area yang luas, Anda bisa menggunakan kuas dengan lebar sekitar 7-12 cm. Sedangkan, pada bagian yang areanya kecil atau sulit terjangkau dengan menggunakan roller, maka itu adalah tugas dari kuas. Jangan sampai Anda salah menggunakan karena pengecatan nantinya jadi tidak efisien dan memakan waktu yang lama

Pilih yang Berkualitas
Namun, karena banyaknya kuas cat yang beredar di pasaran, Anda harus bisa cermat dalam memilih kuas yang baik untuk digunakan. Mungkin akan banyak Anda mendapatkan penawaran kuas dengan harga yang murah, tetapi tidak memiiki kualitas yang buruk. Tetapi jangan sampai tergiur karena jika Anda menggunakan kuas dengan kualitas yang buruk, tentu juga akan berakibat pada hasil cat di tembok. Pastinya, rumah yang indah dan menawan akan sulit didapatkan dengan cat tembok yang berantakan. Karena itu, cermatlah dalam memilih kuas.

Bulu Kuas Fleksibel.
Saat memilih kuas, pilihlah kuas dengan bulu yang fleksibel. Tak hanya fleksibel, pastikan juga bahwa bulu-bulu kuas memiiki ujung yang runcing. Karena, ujung bulu yang runcing ini akan membuat hasil pengecatan jadi lebih merata jika dibandingkan dengan menggunakan kuas dengan bulu-bulu kuas yang melebar.

Jangan yang Pendek
Selanjutnya, Anda juga harus menghindari bulu-bulu kuas yang pendek. Kuas yang sering kali ditopang dengan potongan kayu berbentuk V agar terlihat lebih tebal. Jika bulu-bulu kuas pendek, maka cat tidak dapat terserap dengan baik dan juga bulu-bulu yang pendek cenderung akan lebih mudah meninggalkan bekas atau jejak-jejak kuas (brush mark). Tak hanya itu, karena pendek bulu-bulunya juga mudah rontok dan tertinggal di tembok.

Perhatikan Bulu Kuas
Ternyata, ada dua jenis bulu kuas yang sering digunakan. Yaitu jenis bulu hewan dan bulu dengan bahan filamen sintetis. Penggunaannya juga berbeda berdasarkan bahan cat yang digunakan. Untuk bulu yang terbuat dari hewan, biasanya digunakan untuk cat minyak. Sedangkan, bulu kuas yang berbahan filamen sintetis digunakan untuk cat waterbased.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Label